Jumat, 11 November 2016

Masker Alami Untuk Wajah Putih Bersih



Punya wajah putih bersih siapa sih yang ngga pengin. Selain mencuci wajah dengan sabun cuci muka, kita sebagai wanita juga seringkali menggunakan masker wajah untuk hasil yang lebih maksimal. Berbagai merk masker pun bertebaran di toko-toko dan supermarket. Tentu dengan farian bahan dasar yang beragam pula. Sebut saja bengkoang, tehh hijau, mutiara, atau berbagai macam bunga dan yang lagi ngetrend adalah masker lumpur. Nggak paham juga sih itu lumpur apa soalnya belum pernah nyoba.


Untuk urusan masker sebaiknya kita selektif ya sist, soalnya tiap bahan dasar itu pasti ada manfaatnya masing-masing yang meskipun sama-sama masker tapi khasiatnya beda-beda. So, budayakan membaca sebelum membeli. Dan yang ngga bisa kita pastikan adalah ada tidaknya bahan kimia yang terkandung di dalam masker tersebut. Yang namanya kosmetik dengan jangka waktu expired bertahun-tahun wajarlah jika kita sedikit menaruh curiga akan terkandungnya senyawa-senyawa berbahaya yang justru bisa merugikan kita di kemudian tahun ( karena efek samping biasanya muncul setelah sekian tahun kemudian).


Buat sista-sista  yang mau cari aman dan bersedia sedikit ribet, bisa deh buat masker wajah sendiri di rumah. Berikut 2 masker wajah dari bahan alami yang bisa jadi alternatife solusi cantik nan sehat:

1. Masker beras
Kita bisa merendam sedikit beras dengan air hangat, setelah beberapa jam kita ambil berasnya dan diulek aja pake ulekan atau bisa juga pake blender. Kemudian tambahkan satu sendok air perasan jeruk nipis. Aduk rata dan aplikasikan ke wajah sambil sedikit digosok secara perlahan. Setelah itu oleskan ramuan tadi secara merata pada wajah. Biarkan sekitar 15-30 menit sampai mongering. Lalu bilas dengan hangat dan pada bilasan terakhir gunakan air dingin biasa, bilas hingga bersih ya sist biar bersih maksimal. Beberapa teman nyaranin buat pakai tepung beras aja yang beli di warung jadi ngga usah ribet harus ngulek. Tapi aku lebih memilih mengulek sendiri, karena hasil ulekan yang nggak halus banget justru menyerupai scrub saat diaplikasikan ke wajah.


      2. Masker bengkoang

Cara bikinnya simple aja. Kupas bengkoang, parut, dan peras airnya menggunakan kain. Air perasan inilah yang kita ambil untuk diendapkan. Setelah air perasan ditampung dalam wadah (bisa gelas/cangkir/mangkuk) diamkan beberapa jam sampai terlihat endapan-endapan putih di dasar wadah. Setelah endapan terlihat, buang airnya secara perlahan hingga menyisakan saripati bengkoangnya saja. Nah saripati bengkoang inilah yang akan kita gunakan sebagai masker wajah. Kita bisa menambahkan sedikit air perasan jeruk nipis. Setelah tercampur oleskan ramuan ini kewajah secara merata. Biarkan hingga mongering atau sekitar 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat lalu air dingin hingga bersih. Nikmati kesegaran setelah pemakaian masker ini. 

Menurut beberapa artikel yang pernah saya baca, kandungan dalam saripati bengkoang mampu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi sel kulit selanjutnya dan membuat wajah kita tampak lebih putih dan bersih. Begitu juga dengan tepung beras yang dapat dicampur dengan madu atau minyak zaitun untuk hasil yang lebih ciamik.


Oke kiranya dua cara itu yang pernah saya coba, sayangnya ngga rutin jadi hasilnya belum maksimal. Tapi poin pentingnya adalah aman untuk dicoba karena 100% tanpa bahan kimia. Kedua masker di atas juga nggak akan bikin kantong kita bolong karena bahan-bahan yang dipakai tergolong murah dan mudah didapat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar