Minggu, 10 Juni 2018

Apa itu Plagiarisme?

stop plagiarism - simpleannia.blogspot.com

Dengan suatu alasan, mendadak saya ingin menulis tentang hal ini. Ya, Plagiarisme.

Menurut beberapa sumber yang saya baca, 'plagiarisme' adalah meniru, menjiplak, atau pengambilan karya orang lain - entah itu berupa karangan ataupun pendapat - lalu menjadikannya seolah-olah hasil karya sendiri.
*jahat bgt kan??*

Bahkan, menurut Wikipedia, 'plagiarism' atau yang sering kita sebut 'plagiat' itu  dapat dianggap sebagai tindak pidana karena telah mencuri hak cipta orang lain, nah lho?! Padahal untuk menciptakan sesuatu karya itu butuh daya upaya yang bahkan mungkin tidak mudah. Sebuah perjuangan yang tidak akan dipahami oleh plagiator (sebutan untuk para pelaku plagiat).

Sebenarnya, kalau boleh saya akui, plagiator adalah orang yang cerdas. Untuk meniru suatu karya tentu saja butuh suatu ketrampilan khusus, apalagi jika meniru hingga hampir sama persis. Saya katakan "hampir" karena meski bagaimanapun, karya hasil plagiat tetap tak bisa sama persis dengan karya orisinilnya meski sekilas tampak sama.

Tak banyak yang bisa saya ungkapkan dalam blog saya ini - simpleannia.blogspot.com - tentang praktek plagiarisme selain rasa sesal yang mendalam. Dan saya hanya bisa berharap kepada para pelaku plagiarisme yang sebenarnya orang cerdas ini, untuk dapat bisa mulai menciptakan karyanya sendiri dan bisa menggunakan sedikit hatinya untuk menghargai karya orang lain. Karena mungkin saja, karyanya yang sebenarnya itu lebih baik daripada karya yang ia tiru. Jadi, please, stop plagiarism.

Mungkin dengan cara ini dunia bisa sedikit lebih damai.

***

Anda mungkin tertarik untuk membaca:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar