Minggu, 28 Mei 2017

Cara Mudah Print Screen dari Laptop atau Komputer

Sebenarnya semua kisah sedih ini berawal dari tugas perpanjangan pengajuan ijin reklame perusahaan tempat saya bernaung mencari receh. Yang meskipun perpanjangan, nyatanya prosesnya seperti pengajuan awal. Dan salah satu syarat yang bikin otak pas-pasan saya mumet adalah wajibnya melampirkan data koordinat garis lintang dan garis bujur lokasi reklame. Lengkap dengan print screen lokasi dilihat dari Google Maps.

Kalau print screen-nya di HP (android) sudah biasa lah (*screenshoot). Nggak akan jadi masalah. Tapi untuk cetakan ukuran HVS, tugas perusahaan pula. Wajib donk punya kualitas gambar yang okke. Yang tentunya diambil dari PC atau Laptop.

Buka-buka arsip lama, data udah geser dikit karena adanya perubahan. Masalahnya, saya lupa caranya bagimana (maklum, sudah setahun yang lalu). Dikejar deadline dan kebetulan si dokter komputer hari ini ijin cuti. *tepok jidat 😥😥

Endingnya selalu saja... ngepoin mbah Google yang selalu bisa diandalkan. Hehehe, apalah dayaku yang hanya lulusan SMK, yang kala itu tak punya dana untuk mengikuti kursus komputer yang diadakan pihak sekolah. Sedangkan  jam pelajaran sebatas mengikuti tanpa memahami. (nyesel kan jadinya *hiks..)

Setelah klak-klik sana sini di berbagai situs. Akhirnya dapat satu cara paling mudah untuk saya ikuti instrukturnya. Jiaaahhh udah kaya senam aja istilahnya.

Okke langsung saja ke topik utama. Spesial posting buat yang sama-sama ngga tahu. Chek this out:

Pertama, cari keyword yang bertuliskan 'prt sc sysrq' itu kalau agan nyarinya di laptop kerja saya. Kalau nyarinya di PC teman saya tulisannya 'Print Screen SysRq' (intinya sie yang artinya print screen, apapun tulisannya). Letaknya biasanya Di antara 'f12' dan 'Scrool Lock' di bagian paling atas.

Tinggal pencet aja, nggak perlu pake 'ctrl' atau 'alt'.

Lalu tersimpan dimana hasil print screen tadi? Yuk disimak langkah selanjutnya.

Kedua, untuk membuka hasilnya, mari kita ikuli langkah berikut:
1. klik menu "Start"
2. klik menu "All Programs"
3. klik menu "Accessories" kalau pada laptop yang saya pakai "Windows Accessories"
4. klik menu "Paint"
5. kemudian  tekan  "ctrl-V"( keyword 'ctrl' dan huruf 'V' secara bersamaan)

daaan, jeng-jeng munculah pict yang kita ambil tadi. Tinggal simpan aja ke menu "File" dipojok kiri atas, lalu "Save".

Alhamdulillah, kepo maksimal hari ini berhasil menyelamatkan saya. Meski harus ubek-ubek dulu hingga 1,5 jam, sebelum hasilnya benar-benar saya cetak kemudian di printer Epson kantor yang nangkring manis di meja tetangga. Lama ya... Hehehe... 😁😁 (Dimaklumin aja, yang penting sukses)

Sekian yang bisa saya bagi tentang hasil dari ke-kepoan saya hari ini. Semoga bermanfaat. 💦

Baca juga : Merasa asing dengan istilah 'surel' ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar