Selasa, 25 Oktober 2016

Memotivasi Diri Sendiri

Saat kita merasa sendiri, jangan bersedih. Karena mungkin itu adalah saat di mana Tuhan memberi kita waktu untuk merenung, berpikir dan bersyukur atas apa yang telah kita miliki.

Maka pada saat itu, kita akan menemukan banyak motivasi diri untuk terus menjadi lebih baik, dan lebih baik lagi. Karena pada dasarnya sebuah kalimat motivasi itu datang dari dalam diri si penulis untuk menyemangati hidupnya sendiri.

Semoga bermanfaat.









Senin, 10 Oktober 2016

Permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) - Untuk CV

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang pengajuan permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan atau yang lebih populer disebut dengan SIUP untuk perusahaan dengan badan hukum berbentuk CV.  Ini untuk wilayah Purwokerto Kabupaten Banyumas ya gaes, karena mungkin tiap Kabupaten punya kriteria dan syarat yang berbeda tergantung peraturan daerah yang telah ditetapkan.

Jadi beberapa waktu lalu saya mengurus perpanjangan SIUP suatu perusahaan perdagangan berbentuk CV (Commanditaire Vennootschap / Persekutuan Komanditer). Berdasarkan formulir permohonan yang di dapat dari Kantor Badan Penanaman Modan dan Pelayanan Perizinan atau yang lebih dikenal dengan kantor BPMPP (yaitu kantor pemerintahan yang berwenang menangani urusan perizinan termasuk SIUP, TDP, HO, IMB, Reklame, dll) terdapat beberapa dokumen yang perlu dilampirkan sebagai syarat utama untuk mendapatkan SIUP. Syarat ini berlaku bagi izin yang baru diajukan maupun perpanjangan.

Demi kelancaran administrasi, saya pun menyiapkan dokumen-dokumen yang harus diikutsertakan dalam surat permohonan, yaitu:
1. Foto copy KTP direktur dan komanditer CV
2. Foto copy NPWP CV,direktur dan komanditer
3. Foto copy Izin Gangguan (HO)
4. Foto direktur/penanggung jawab CV ukuran 3x4 cm sebanyak 2 lembar (berwarna)
5. Asli SIUP lama (jika permohonan perpanjangan)
6. Foto copy Akte pendirian dan perubahan CV
7. Surat kuasa (jika pengurusan dilakukan oleh bukan penanggung jawab perusahaan)

Setelah semua lampiran siap, jangan lupa isi formulir permohonan bermaterai yang ditandatangani oleh penanggungjawab serta dicap perusahaan. Biasanya proses kepengurusan SIUP ini memakan waktu 3 hari, tapi menurut saran petugas pelayanan yang menangani permohonan saya, sebaiknya datang lagi satu minggu lagi saja untuk jaga-jaga jikalau dalam 3 hari belum selesai jadi ngga perlu bolak balik ke kantor BPMPP.

Ok gaes sekarang monggo yang sudah punya usaha maupun yang mau merintis usaha dan membutuhkan SIUP, bisa mulai disiapkan syarat-syaratnya. Kalau udah siap semua tinggal cuz ke kantor BPMPP yang terletak di Jl. Jend. Sudirman No.540 Purwokerto. Persyaratan berlaku saat saya menulis artikel ini ya gaes, dan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung peraturan dan kebijakan pihak yang berwenang.

Semoga bermanfaat.

Jumat, 07 Oktober 2016

3 Cara Mudah Menghemat Gaji Bulanan


Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya berhemat itu sama susahnya dengan menabung. Juga bukan perkara baru jika gaji yang kita terima tiap bulan hampir selalu kurang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup kita.

Jika sudah begini, maka pilihan terakhir untuk menambal kurangnya biaya hidup hingga gajian berikutnya adalah dengan berhutang. Jika bulan ini berhutang, maka saat gajian bulan depan kita akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar hutang. Maka bisa dipastikan bulan depannya lagi kita juga akan mengalami defisit keuangan yang serupa. Dan jika siklus ini terus berlangsung, maka kita akan terjebak dan mulai bergantung pada hutang. Padahal roda keuangan seseorang itu susah ditebak, bayangkan jika seseorang yang biasa meminjamkan uangnya ke kita tiba-tiba goyah ekonomi karena banyaknya kebutuhan yang harus ia penuhi sendiri, maka tamatlah kita.

Untuk menyiasati hal tersebut, maka ada baiknya kita menerapkan 3 langkah hemat di bawah ini untuk menghindari hutang di akhir bulan:

1. Membawa bekal makan siang
    Bagi kita para karyawan yang biasa makan siang alangkah baiknya jika mulai membiasakan diri membawa bekal makanan dari rumah. Jika diasumsikan satu kali makan siang kita biasa menghabiskan uang 10.000 rupiah dan jika dalam satu bulan kita bekerja 25 hari, maka kita bisa berhemat 250.000 rupiah. Namun jika kita bosan dengan bekal yang kita bawa, boleh saja sesekali makan di luar.

2. Siapkan dana cadangan
    Ada baiknya saat kita baru menerima gaji kita sisihkan 15% dari jumlah gaji yang kita terima untuk dana cadangan. Yaitu uang yang benar-benar kita simpan dan jangan kita pakai kecuali dalam keadaan mendesak.

3. Kurangi Hangout 
    Jalan-jalan bareng temen atau sekedar nongkrong merupakan cara ampuh bagi kita untuk melepas penat dan lelah setelah berkecimpung dengan kerjaan. Namun jika hal tersebut terlalu sering dilakukan justru dapat membahayakan keuangan kita. Bahkan tak jarang keinginan-keinginan baru akan muncul karena efek dari seringnya hangout. Apalagi jika hangoutnya ke toko dan mall-mall. Maka alangkah baiknya kita mengerem intensitas hangout agar terhindar dari bocornya keuangan pada hal-hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Itulah tiga hal yang bisa kita coba untuk mengamankan gaji bulanan
agar terhindar dari hutang. Semoga bermanfaat.