Kamis, 23 Juni 2016

Puasa, Lebaran dan Baju Baru

Bulan Ramadhan, saatnya umat muslim puasa berjamaah sebulan penuh. Sebulan penuh menahan makan,minum dan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa.

Kebiasaan menarik dari warga Indonesia (entah di luar negeri karena saya belum pernah ke luar Indonesia) adalah berbelanja pakaian baru untuk dikenakan dihari Lebaran nanti. Para orang tua akan sibuk memilih dan membelikan baju untuk anaknya,para ibu juga mulai memikirkan makanan khas lebaran seperti ketupat,opor, kue kering dan tak lupa syrupnya. Beberapa juga membuat daftar anggaran untuk parcel ke sanak saudara serta kerabat. Bahkan rumah juga akan dicat ulang untuk memberikan kesan baru. Bank-bank juga akan menyediakan jasa penukaran uang kertas dengan pecahan kecil yang masih baru. THR pun menjadi andalan untuk memenuhi hal-hal tersebut.

Hari Raya Idul Fitri seolah menjadi ujung atas semua persiapan yang telah dilakukan. Apapun itu yang penting tidak melupakan zakat fitrah yang wajib hukumnya.

Terlepas dari semua persiapan di atas, terselip pertanyaan yang menggelitik hati. Sudahkan saya berpuasa dengan benar, apakah puasa saya diterima oleh Allah, apakan saya menjadi pribadi yang lebih baik setelah hari fitri nanti? Ada rasa malu dengan Allah,saat saya heboh mempersipkan ini itu untuk lebaran tapi saya bahkan tidak yakin apakah puasa saya afdol dimata Allah, apakah ibadah saya benar-benar menjadi pahala.

wallahu a'lam bish-shawabi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar