Rabu, 25 April 2018

Mengatasi "unable to create DSN" Saat Buka Aplikasi eSPT PPh Pasal 4 Ayat 2



Barusan nginstal aplikasi e-SPT PPh Pasal 4 ayat (2) trus pas mau dibuka ehhh ngga bisa dan muncul "unable to create DSN"

Panik donk, secara tadi pas masih di KPP ngga ada masalah. Lancar jaya pas ngebuka aplikasinya. Males banget kan harus balik lagi ke kantor pajak. So, seperti biasa, mulailah berselancar nyari solusi yang bertebaran di internet.

Klik artikel ini klik artikel itu, ternyata cukup banyak yang ngebahas. Artinya ini memang masalah yang umum terjadi pada aplikasi pajak jenis ini. Syukurlah, setidaknya ada perasaan lega yang tiba-tiba bersarang di dalam dada. Hehe, mungkin rasanya kayak pas melancong ke luar negeri terus ketemu orang senegara, berasa nemu teman kan? Padahal ngga kenal sebelumnya. *padahal belum pernah melancong ke LN juga xixi*

Ok, kembali ke laptop...

Jadi gimana nih solusinya kalau saat buka aplikasi eSPT PPh pasal 4 ayat (2) muncul "unable to create DSN”? Yuk mari… disimak tutorial di bawah ini gan, simple dan dijamin sukses.

Pertama, buka folder file dimana kita menyimpan aplikasi eSPT PPh pasal 4 ayat (2). Biasanya di C: / Program File (x86) / DJP / eSPT PPh 4(2)

Nah setelah masuk ke folder eSPT PPh 4(2) kan ada tuh folder dan file “database” “help file” “compact” “compactDB_42” “eSPT” “SPTPPhMasa42”

Kita pilih (klik satu kali) file “SPTPPhMasa42” lalu klik kanan >>  klik Run as Administrator


Tara... seketika muncul tampilan aplikasi eSPT PPh pasal 4 ayat 2 sukses dibuka. Klik "OK" dan aplikasi eSPT Pajak Penghasilan Masa Pasal 4 Ayat (2) sudah siap digunakan.


Ada yang ngalamin hal kaya gini juga? Bisa dicoba nih solusinya, saya sudah praktekkan dan dijamin ampuh.

Well, sekian sekilas curhatan tentang aplikasi PPh pasal 4 ayat 2 nya ya, semoga bermanfaat. 💦

Tidak ada komentar:

Posting Komentar