Minggu, 12 November 2017

Coffee Break #1: Episode Rasa

Episode Rasa: Kopiku Belum Pernah Sepahit Ini
Cappucino Latte by The Boulevard Cafe

Aku, yang terbiasa dengan kopi instan kali ini berkesempatan mencicipi kopi racikan bertajuk cappucino latte ala The Boulevard Cafe - Purwokerto. Kalau kita search di google maps, lokasinya tuh di Jl. Jend. Sudirman. Tepatnya di Hotel Besar Purwokerto, sekitaran Pasar Wage.

Okke, mari kita bahas kopinya...

Cappucino Latte !? pikiran langsung melayang ke tata cara penyajian πŸ’­ 

***

Intermezzo
*dikutip dari www.republika.co.id dengan sumber: Andrew Anderson, barista senior pada High Rise Coffee Roasters di Colorado Springs, Colorado.

Mari sedikit berkenalan dengan istilah-istilah yang berkaitan dengan kopi...

Espresso πŸ’§ Ingat, namanya espresso, bukan expresso. Ini adalah kopi bubuk yang sangat halus yang dikemas menjadi portafilter dan dimasukkan ke dalam mesin espresso. Air yang dipanaskan sampai 190-197 derajat Fahrenheit ditekan di bawah 8-10 tekanan atmosfer melalui portafilter kopi halus untuk menghasilkan 1-2 ons espresso.

Cara yang baik untuk mengetahui apakah espresso Anda berkualitas tinggi atau tidak bisa dilihat dari warna dan konsistensi krimnya. Jika Anda menambahkan gula, tuang di atas krim selama 15-30 detik.

Latte πŸ’§Latte adalah istilah yang pertama populer di Amerika Utara. Di Eropa, latte akan cenderung dianggap sesuatu yang hanya diperuntukan bagi anak-anak Anda. Atau pengopi yang masih sangat belia.

Banyak orang membingungkan latte dengan cappucino. Latte adalah espresso dalam kombinasi dengan susu yang dihangatkan dengan uap air (semacam dikukus). Untuk memberikan gambaran tentang rasio bahan, perbandingan ideal kopi dan susu adalah 16:2.

Seorang barista yang baik akan menggabungkan busa, hasil dari kukusan susu, dan espresso bersama-sama. Hal ini memberikan minuman campuran dengan rasa dan tekstur yang sungguh yummy.

Cappucino πŸ’§ Minuman ini sering dibingungkan dengan latte, tapi pada dasarnya mereka adalah minuman yang berbeda. Cappucino umum adalah dibuat dalam sepertiga proporsi. Ini berarti cappucino yang tepat adalah sepertiga espresso, sepertiga susu yang dikukus, dan sepertiga busa susu.

Espresso dan susu kukus dituangkan bersama-sama, baru diakhiri dengan busa di atasnya.

Cafe Au Lait πŸ’§ Apa lagi ini? Ini adalah minuman yang dibuat dari 50 persen kopi hitam dan 50 persen susu murni. Seorang barista yang berpengalaman hanya akan membuat minuman ini dari kopi kualitas prima dengan susu murni yang segar, bukan kemasan. 

*** 

Hmmmm, agak bingung, tapi tak apalah, namanya juga belajar. Hehehe

Efek terbiasa dengan kopi instan - yang ada manis-manisnya gitu, serta kopi rumahan - yang manisnya bisa diatur sendiri. Kali ini daku cukup syok setelah mencecap sedikit busa dari kopi yang dibandrol 20k ini. *dibaca dua puluh ribu ya gaes... Hehehe, people jaman now pasti sudah paham pake banget.

Serius, daku mandeg sedela sebelum akhirnya meneguk lagi, memastikan rasanya. Bungkusan kecil berjudul 'Gulaku' juga sudah kusobek dan  kutuangkan isinya tanpa ampun alias tanpa sisa. Tapi, rasanya tetep saja - pahit. **meski belum sepahit hidupku #jiahhh.... malah curcol** 😁😁

Padahal ngaduknya udah lama, udah sampe buket, pake hati yang tulus nan ikhlas, seikhlas daku melepasmu. Wahai 20.000 - demi secangkir kopi asing.

Ternyata aku salah mengira. Dari tampilannya yang menggoda, kupikir rasanya tuh manis legit ala ice cream vanilla. Ughhh... Daebak!!!

Okke, karena sudah dipesan, dan toh nanti juga wajib dibayar, kuhabiskan saja meski agak lama. *Maaf gaes , membuat kalian menunda waktu pulang* 😐😐 Karena sebelumnya, kopiku tak pernah sepahit ini.

***

Note: The Boulevard Cafe n Resto itu tempatnya asik, bersih, nyaman, pelayanannya juga ramah. Tersedia juga mendoan (makanan khas Banyumas), aneka makanan, serta berbagai jenis minuman yang bisa kamu pesan sesuai dengan selaramu gaes. Menunya kekinian banget deh pokoknya.
@cafeboulevardpwt


Mudah-mudahan lain waktu bisa ke sini lagi untuk sekedar menikmati secangkir kopi yang agak manis.

See ya....πŸ’¦

Tidak ada komentar:

Posting Komentar