Jumat, 24 Maret 2017

[Sinopsis] Dilan - Dia Adalah Dilanku Tahun 1990



 
Judul : Dilan – Dia Adalah Dilanku Tahun 1990
Penulis : Pidi Baiq
Cetakan I : April 2014
Penerbit : Pastel Books 

“Cinta itu indah, jika bagimu tidak, mungkin kamu salah milih pasangan.” 

Itu adalah kalimat pembuka sebelum memulai kisah cinta antara 2 tokoh utama. Yakni Dilan dan Milea. Novel ini menggunakan sudut padang orang pertama, dengan menyebut dirinya ‘aku’, yaitu Milea Adnan Husain. Ya, semua cerita dalam novel ini diambil dari sudut pandang Milea. Milea yang sekarang tinggal di kawasan Jakarta Pusat, yang mencoba mengisahkan kembali masa-masa remajanya saat berada di kota Bandung Tahun 1990.

Flashback….

Latar peristiwa diawali dengan cerita Milea yang memperkenalkan dirinya sebagai anak Pertama dari dua bersaudara yang baru pindah dari Jakarta. Ayahnya seorang prajurit TNI AD, sedangkan ibunya merupakan mantan vocalist sebuah band di Bandung sebelum akhirnya menikah.

Parasnya yang cantik membuat Milea  yang merupakan anak baru di sebuah SMA Negeri di Bandung menjadi tenar. Banyak teman laki-laki yang berusaha mendekati Milea. Hingga suatu hari, Dilan yang bisa disebut anak si pembuat onar di sekolah juga berusaha mendekati Milea. Tapi dengan cara yang aneh dan unik, cara yang tidak terduga oleh siapapun. Bahkan oleh Milea.

Diceritakan oleh Milea, saat itu mereka sama-sama duduk di kelas 2 SMA. Dilan terkenal sebagai murid bandel yang menjadi langganan dipangil guru BP. Juga merupakan bagian dari sebuah geng motor, bahkan ia dijuluki si Panglima Tempur oleh kelompoknya.

Awalnya Milea tidak menanggapi dengan serius, tapi cara-cara unik Dilan tak mampu membuat Milea untuk tidak jatuh cinta. Di saat cowok lain mendekatinya dengan trik-trik tanpa mengatakan secara langsung, Dilan justru mengungkapkan rasa sukanya secara terang-terangan dengan didukung pembuktian yang aneh bin gokil.

Sebut saja saat pertama bertemu, Dilan menggunakan trik ramal, kemudian datang ke rumahnya dengan mengaku utusan dari kantin yang mengantarkan daftar menu baru. Juga saat ulang tahun Milea, Dilan justru memberinya buku TTS yang sudah diisi semua sebagai kado. Lengkap dengan kalimat ucapan selamat ulang tahun. Begini tulisnya: 

“SELAMAT ULANG TAHUN MILEA. INI HADIAH UNTUKMU, CUMA TTS. TAPI SUDAH KUISI SEMUA. AKU SAYANG KAMU. AKU TIDAK MAU KAMU PUSING KARENA HARUS MENGISINYA. DILAN!” 

“Itulah Dilan, selalu memiliki kemampuan luar biasa untuk membuat aku bisa merasa senang dan benar-benar berakhir dengan tertawa!”  Ini adalah suara Milea yang makin menyukai Dilan setelah mendapatkan TTS itu.

Dan masih banyak trik lain yang digunakan Dilan untuk mendekati Milea, kalo mau dikutip, bisa-bisa tiap percakapan aku cantumin. Hehehe

Sebagai informasi, Dilan juga merupakan murid yang cerdas, ia biasa menjadi juara kelas, ya minimal ranking dua lah di kelasnya. Selain itu, Dilan juga hobi membaca, menggambar, dan membuat puisi. Beberapa puisi yang dibuatnya adalah: 

“Milea 1”
Bolehkan aku punya pendapat?
Ini tentang ia yang ada di bumi
Ketika Tuhan menciptakan dirinya
Kukira Dia ada maksud mau pamer

“Milea 2”
Katakan sekarang
Kalau kue kau anggap apa dirimu?
Roti coklat? Roti keju?
Martabak? Kroket? Bakwan?
Ayolah!
Aku ingin memesannya
untuk malam ini
Aku mau kamu

“Jangan Jauh”
Dik, jangan pergi jauh-jauh
Kan ada darahku di tubuhmu 

Kembali ke plot cerita.

Sebenarnya Milea sudah punya pacar di Jakarta, namanya Beni, anak orang kaya tapi sifatnya arogan dan cenderung egois. Itulah yang akhirnya membuat Beni dan Lia (Sapaan akrab Milea) menjadi putus. Disamping kehadiran Dilan tentunya.

Milea merasa ia masih berhak memilih mana yang terbaik untuk dirinya. Dan setelah bertemu dengan Dilan, ia merasa Dilan lah yang terbaik. Well, aku setuju. Hehehe

Semakin hari Lia semakin dekat dengan Dilan, juga dengan keluarganya, terutama mamanya Dilan yang biasa disapa ‘Bunda’. Karakter Bunda dalam Novel ini mengingatkan saya pada akting artis Yulita Palar yang berperan sebagai mamanya Boy di sinetron Anak Jalanan. Pokoknya feelnya dapet deh. Hehehe *maksa*

Bunda Dilan berprofesi sebagai Kepala Sekolah, tentunya bukan sekolah di mana Dilan Belajar. Ayahnya juga anggota TNI. Dilan juga anak sulung dari 2 bersaudara. Adik perempuannya bernama Disa, yang menurut saya digambarkan sebagai sosok yang tak kalah gokil dari Dilan.

Kedekatan mereka terus berlanjut, Milea akhirnya benar-benar jatuh cinta pada Dilan yang menurut pendapatnya tidak terlalu tampan tapi selalu bisa membuatnya tertawa bahagia. Bersama Dilan, Milea benar-benar merasa sangat dicintai juga dihargai sebagai perempuan. Satu-satunya yang Milea tidak sukai dari Dilan adalah geng motornya. Menurutnya, geng motor itu identik dengan kekerasan, tawuran bahkan minuman keras. Yang nantinya hanya akan merusak masa depan Dilan.

Meski begitu Dilan tetap berusaha meyakinkan Lia bahwa tidak semua anggota geng motor seperti apa yang ia pikirkan. Dan pada novel Dilan – Dia Adalah Dilanku Tahun 1990, Milea masih baik-baik saja menerima Dilan sebagai anggota geng motor. Karena mereka masih dalam frase PDKT.

Hingga di akhir cerita, mereka akhirnya jadian di warung Bu Eem, di mana Dilan baru saja disidang karena berkelahi di sekolah. Disaat itulah, saat dimana nasibnya diujung penentuan apakan masih diterima menjadi siswa di sekolah asalnya atau dikeluarkan karena terlalu sering melanggar peraturan, Dilan menyatakan cintanya kepada Milea secara resmi dengan lisan dan tulisan, lengkap dengan materai.

Kemudian, di bawah guyuran hujan, mereka menikmati masa indah sesaat setelah jadian. Berboncengan dengan motor CB milik Dilan, mengarungi jalan Buah Batu.

Flashback end,

Kembali ke masa sekarang. Saat Milea sedang bercerita tentang kisah cintanya bersama Dilan. Dulu, duluuu sekali, bertahun-tahun yang lalu. Meski Lia merasa seolah-olah baru kemarin.

Dan kisah selanjutnya tentang apa yang terjadi setelah mereka resmi pacaran, akan diungkapkannya di bagian dua, Dilan – Dia Adalah Dilanku Tahun 1991.

Artikel Terkait:



5 komentar:

  1. http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/coba-lakukan-1-hal-ini-saat-anda-susah.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/pernikahan-bahagia-kenapa-pria-masih.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/london-akan-gunakan-limbah-kopi-untuk.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/singapura-imbau-warganya-di-bali-untuk.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus
  2. Saya suka semua novel dilan dari yg pertama sampe yg terakhir, semua nya keren 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, berarti tinggal nonton filmnya nih,

      Hapus
  3. Sedih y endingx tpi klu g jodoh y terima z....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih bgt. Sampe ngikut baper berhari2... *xixixi*

      Hapus